MMRS

Pertemuan Ilmiah Nasional

Patient Safety in Action : Protecting the Patient, Guiding the Doctor (Hospital Manager)


Call for Abstract

Dalam pelayanan kesehatan, pasien merupakan inti dan tujuan sehingga harus diselamatkan. Isu keselamatan pasien menjadi sangat penting karena prinsip pelayanan kesehatan adalah `first do no harm`.

Keselamatan pasien di rumah sakit harus dipahami menjadi tanggungjawab semua pihak meliputi keluarga, pengunjung serta provider yaitu pihak rumah sakit itu sendiri. Masing-masing memiliki peran strategis dalam upaya mengusahakan keselamatan pasien. Bagi manajemen rumah sakit, keselamatan pasien(patient safety) adalah tanggungjawab rumah sakit. Rumah sakit harus memastikan asuhan pasien lebih aman. Sistem ini meliputi clinical governance dan mutu pelayanan kesehatan sebagai bagian dari upaya pelayanan kesehatan untuk menjamin bahwa setiap tindakan medik yang dilakukan selain efficacious juga aman bagi pasien. Lingkungan rumah sakit juga merupakan faktor kajian khusus dalam keselamatan pasien karena berkaitan langsung sebagai tempat penyelenggaraan pelayanan kesehatan.

Patient safety merupakan sesuatu yang jauh lebih penting daripada sekedar efisiensi pelayanan. Pengetahuan dan peran keluarga adalah juga faktor yang sangat penting dalam mendukung keselamatan pasien karena selain petugas medis, keluarga juga memiliki interaksi langsung dengan pasien. Oleh karena itu kesadaran tentang keselamatan pasien sangat penting dipahami dan dilaksanakan oleh semua pihak.

Institusi pendidikan mempunyai kontribusi besar dalam membangun upaya keselamatan pasien melalui kajian best practice untuk memberikan dasar bukti terbaik dalam pendekatan manajemen keselamatan pasien disamping pelatihan. Pertemuan ilmiah nasional ini diselenggarakan untuk menyatukan kontribusi dan berbagi guna mengkaji best practice dari semua pihak yang telah menerapkan upaya manajemen keselamatan pasien. Pertemuan diharapkan dapat memberikan rekomendasi praktis sekaligus agenda penelitian ke depan yang harus dilakukan. Kontribusi dari semua pihak menjadi kunci keberhasilan pertemuan ini sehingga dapat memberikan kontribusi yang bermakna pada pelayanan kesehatan.

Tema dan Sub Tema :

Patient Safety in Action: "Protecting the Patient Guiding the Doctor (Hospital Manager)"


Berbagai model manajemen dan teknologi dalam manajemen pasien untuk meningkatkan efektifitas dan keselamatan pasien telah dikembangkan. Meskipun demikian laporan efektifitas dari upaya tersebut masih terbatas terutama dalam publikasi dan tindak lanjut. Sub tema ini dikategorikan dalam tiga bahasan dan bertujuan mengangkat best practice dan kajian yang telah dilakukan di rumah sakit maupun institusi pendidikan tentang penerapan berbagai strategi untuk meningkatkan mutu pelayanan dan menjamin keselamatan pasien.

  • A. Physician Engagement
  • Bagaimana melibatkan provider (dokter) dalam upaya manajemen keselamatan pasien dan manajemen mutu pelayanan secara umum. Topik ini mencakup berbagai kajian untuk meningkatkan keterlibatan dokter dan provider kesehatan lain dalam proses manajemen keselamatan pasien (rumah sakit), termasuk kajian tentang faktor yang mempengaruhi motivasi dan kinerja dokter, budaya pelayanan kesehatan oleh provider.

  • B. Ethical and Law Guiding
  • Memahami perspektif hukum dan etik dalam menerapkan manajemen keselamatan pasien sebagai upaya untuk melindungi pasien dan memandu dokter dan manajemen rumah sakit. Berbagai laporan kasus permasalahan etika dan hukum dan bagaimana cara yang tepat untuk merespon permasalahan tersebut menjadi satu topik kajian yang menarik. Topik yang disajikan dapat berupa pengalaman, laporan kasus maupun hasil penelitian tentang permasalahan etika dan hukum serta strategi respon yang tepat.

  • C. Creating Safety Environment
  • Output pelayanan di rumah sakit merupakan hasil dan integrasi berbagai sub sistem pelayanan yang kompleks. Peran layanan pendukung atau penunjang serta desain fisik dan arsitektur termasuk teknologi kedokteran sangat memegang peranan penting menciptakan layanan kesehatan yang efektif dan aman. Berbagai kajian tentang kinerja layanan pendukung dan daya ungkitnya terhadap manajemen keselamatan pasien merupakan inti  topik pada sub tema ini.